4 Program Talenthub Antar Kemnaker Raih Merdeka Awards 2023

0
299
Dok. Kemenaker

Jakarta- Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terima penghargaan dari Merdeka Awards 2023 atas berbagai terobosan dalam program Inovatif untuk Negeri di Jakarta, (3/8/2023). 4 Program yang mengantar Kemnaker raih penghargaan tersebut adalah program Talenthub, yang diantaranya adalah Talent Class, Talent Fest, Talent Scouting, dan Talent Corner.

Menanggapi hal itu, Ahmad Luthfi selaku Managing Director of Talenthub berterima kasih kepada pihak penyelenggara Merdeka Awards 2023 atas apresiasi untuk keempat program di Talenthub. Ia juga menjelaskan bahwa program-program tersebut tercanangkan ketika COVID-19. Talenthub meluncurkan program tersebut dengan #talenthubbantukerja pada tahun 2021 lalu. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada tim Talenthub dan seluruh mitra Talenthub yang telah membantu pelaksanaan program tersebut.

Selain itu, Ia juga menjelaskan detail keempat program tersebut. Menurutnya, keempat program itu merupakan program unggulan di Talenthub dan banyak diminati oleh para talenta muda di seluruh Indonesia.

Talent Class merupakan program pelatihan peningkatan skill untuk memfasilitasi para talenta muda di Indonesia agar memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan Industri. Talent Class memiliki dua level pelatihan yaitu level basic dan intermediate. Program ini dilaksanakan secara virtual dengan 8 kali pertemuan dan dimentori oleh mentor-mentor profesional. Sejak 2021, Talent Class sudah dilaksanakan sebanyak 9 batch, dan masih ada 3 batch lagi yang akan dilaksanakan di September-November 2023.

Selain program pelatihan, Ahamd Luthfi juga menjelaskan bahwa Talenthub memiliki program untuk mempertumakan para talenta muda dengan industri. Program itu bernama Talent Souting. Talent Scouting sudah dilakukan di sembilan Kota, yaitu Jakarta, Bali, Samarinda, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Malang, Bandung, dan Manado. Dan tiga kota berikutnya di tahun ini ada Serang, Semarang, dan Padang.

Tak hanya itu, Talenthub juga menginisiasi pembentukan Talent Corner di 21 daerah yang menempel di UPTP Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas. Talent Corner ini merupakan wadah untuk para talenta muda untuk mengembakan keterampilan dan juga berinovasi mengembakan potensi wilayah setempat.

Sedangkan, untuk memfasilitasi masyarkat umum mengenal Talenthub dan juga seluruh talenta muda yang sudah dilatih, Talenthub menciptakan program bernama Talent Fest. Program tersebut memiliki beberapa rangkaian acara, seperti Movie Competition, Talent X, Pitchbattle, dan Talent Summit.

Ahmad Luthfi juga menyampaikan bahwa Ia berserta tim membuka pintu bagi siapapun yang ingin berkolaborasi untuk meningkatkan program-program yang ada di Talenthub.

“Talenthub sebagai wadah untuk memfasilitasi talenta muda untuk terus berinovasi membukan seluas luasanya kepada berbagai pihak yang ingin bersama sama meningkatkan program-program yang ada di Talenthub,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here