26.3 C
New York

Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat tahun 2023

Published:

Banyakbaca.id – Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengukuhkan 44 anggota Pasukan Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat tahun 2023 bertempat di aula MH Thamrin, gedung B kantor Wali Kota Jakarta Barat, pada Selasa (15/8) sore.

Dalam sambutannya, Uus Kuswanto menyampaikan bahwa anggota Paskibraka adalah Putra-Putri terpilih, yang telah melalui proses seleksi sangat ketat, dimulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat Kota Jakarta Barat.

“Adik-adik anggota Paskibraka yang sudah terpilih, harus berbangga karena mendapatkan kehormatan dan kepercayaan yang begitu tinggi dalam mengemban tugas yang mulia pada hari bersejarah tanggal 17 Agustus 2023,” ujarnya.

Kepercayaan dan kehormatan yang sudah diberikan ini harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan penuh kesungguhan, karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan untuk mengemban tugas yang mulia ini. Persiapkanlah diri kalian untuk menjadi putra-putri terbaik bangsa,” imbuhnya.

“Saya sangat berharap, pemuda-pemudi Jakarta Barat di masa yang akan datang adalah pemuda-pemudi yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur, cerdas dan berpengetahuan luas, sehat jasmani dan rohaninya, memiliki semangat ber-Pancasila, untuk mengabdi dan berbuat yang terbaik bagi negaranya serta rukun satu sama lain dengan memiliki rasa kasih sayang bagi sesama bangsa Indonesia, tanpa membedakan identitas, latar belakang, suku, agama, ras, etnis, kedaerahan, dan lain sebagainya.” sambungnya.

Di masa depan, lanjut Uus, kalian lah yang harus tampil dan melanjutkan kepemimpinan bangsa Indonesia, persiapkanlah diri kalian sebaik-baiknya dan dengan tangan-tangan kalian, angkatlah harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia.

“Semua harapan ini harus diperjuangkan. Semua ini memerlukan pengorbanan, tekad dan kerja keras yang tinggi dari adik-adikku semua. Perjuangan, pengorbanan dan kerja keras itulah jalan yang harus kalian tempuh untuk mendapat kepercayaan dan kehormatan sebagai Paskibraka.” ujarnya.

Ia menambahkan, hal ini hendaknya menjadi modal untuk mereka pergunakan sebaik-baiknya, untuk meningkatkan motivasi, tekad serta semangat kalian untuk terus mengembangkan diri menjadi putra-putri bangsa yang unggul di masa depan.

“Bapak berharap, ikrar yang telah disampaikan tadi dapat benar-benar dihayati, dipedomani, dan dijalankan dalam pengabdian terhadap bangsa dan negara untuk masa kini dan masa depan. Saya mengucapkan selamat bertugas semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu meridhoi dan membimbing kalian dalam mengemban tugas yang mulia ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PPI Jakarta Barat, Chandra menyebut, anggota Paskibraka Jakarta Barat 2023 yang dikukuhkan hari ini sebanyak 44 orang, terdiri dari 23 putra dan 21 putri.

Sebelum dikukuhkan mereka telah menjalani rangkaian seleksi selama lima bulan dengan berbagai materi. Dari fisik, mental, wawasan kebangsaan dan lain sebagainya.

“Setelah dikukuhkan, 44 Paskibraka Jakarta Barat akan bertugas untuk mengibarkan bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus 2023 di halaman kantor Walikota Jakarta Barat,” ujarnya.

Beberapa tamu undangan turut hadir dalam kegiatan ini, yaitu jajaran Forkopimpko, Kodim 0503-Polres Metro Jakbar, Adkesra Amien Haji, sejumlah pejabat Pemkot Jakbar, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Jakbar, para orang tua dan guru anggota Paskibraka 2023 dan lainnya.

Related articles

spot_img

Recent articles

spot_img