20.6 C
New York

Bir Pletok, Minuman Tradisional Penuh Khasiat

Published:

Beragamnya minuman tradisional khas Indonesia yang masih banyak digemari oleh masayarakat, mulai dari Jamu, Cendol, tuak dan lain sebagainya. Rasanya yang unik serta banyaknya manfaat dari minuman tradisional untuk kebaikan tubuh, juga menjadi salah satu faktor digemarinya aneka minuman tersebut.

Suku Betawi adalah salah satu Suku yang ada di Indonesia yang bertempatan di wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Sekitarnya. Suku Betawi juga memiliki salah satu minuman yang khas dan mungkin anda belum mengetahuinya, minuman itu bernama Bir Pletok. Walaupun namanya Bir, tapi minuman ini tidak memabukan, melainkan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sejarah Bir Pletok

Bir Pletok merupakan minuman khas Betawi yang lahir pada jaman Belanda. Minuman ini tercipta karena masyarakat Betawi ingin menikmati minuman bir yang biasa diminum oleh orang-orang Belanda. Dimana, di setiap pestanya Minuman Bir atau Wine menjadi minuman wajib yang akan menemani mereka. Namun, karena Bir atau Wine itu mengandung alkohol dan mayoritas suku Betawi saat itu beragama Islam serta mengharamkan minuman yang mengandung alkohol, sehingga masyarakat Betawi berinovasi membuat minuman yang mirip dengan Bir dan untuk menghangatkan tubuh namun tidak memabukan dan tidak mengandung alkohol.

Hal itu yang menjadi alasan terlahirlah minuman bernama Bir peletok, yang dibuat dengan kayu secang sebagai pewarna merah, jahe sebagai penghatnya di tambah sereh, kayu manis, pendan dan rempah-rempah lainya. Untuk nama Peletoknya, menurut sejarahwan Betawi “JJ Rizal”, kata pletok di ambil dari penutup botol Bir yang apabila di buka mengeluarkan bunyi seperti “Pletok”, sehingga di sebutlah nama Bir Pletok

Manfaat dan Khasiat Bir Pletok

Minuman tradisional satu ini ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak. Berikut ini adalah manfaat dan Khasiat dari Bir Pletok :

–              Menghangatkan badan

–              Meredakan masuk angin

–              Melancarkan peredaran darah

–              Mangatasi insomnia

–              Mengatasi nyeri haid

–              Meredakan batuk

–              Meredakan darah tinggi

Khasiat yang baik ini tentu dengan adanya perpaduan antara bahan herbal alami serta rempah-rempah pada proses pembuatannya. Jika Bir Pletok pada jaman dahulu dibuat untuk menghangatkan tubuh pada malam hari, tetapi sekarang minuman ini bisa juga disajikan pada siang hari dengan dicampurkan es batu untuk memberikan efek kesegaran.

Kini, Bir Pletok dapat dipesan via online. Tentu ini semakin memudahkan kita untuk menikmati kesegaran minuman tradisional tanpa repot membuat dan mencari bahan bakunya.

Related articles

spot_img

Recent articles

spot_img